Menggambar Gear 3 Dimensi dengan Autocad 2024 |
Menggambar gear (roda gigi) 3D di AutoCAD 2024 melibatkan beberapa langkah, mulai dari membuat profil dasar gear hingga mengubahnya menjadi objek 3D. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menggambar gear 3D di AutoCAD 2024:
Langkah-langkah Menggambar Gear 3D di AutoCAD 2024
1. Membuat Profil Gear 2D
Buka AutoCAD 2024:
- Buka aplikasi AutoCAD 2024 dan buat file baru.
Menggambar Lingkaran Dasar:
- Gunakan perintah
CIRCLE
untuk menggambar lingkaran yang mewakili diameter dasar (pitch circle) gear. - Misalnya, ketik
CIRCLE
, lalu tentukan pusat dan radius lingkaran.
- Gunakan perintah
Membuat Gigi Gear:
- Gunakan perintah
POLYGON
untuk membuat profil gigi gear. Tentukan jumlah sisi sesuai dengan jumlah gigi yang diinginkan. - Misalnya, ketik
POLYGON
, tentukan jumlah sisi, dan gambar poligon yang mewakili profil gigi.
- Gunakan perintah
Menggunakan Array Polar:
- Gunakan perintah
ARRAYPOLAR
untuk menduplikasi profil gigi gear mengelilingi lingkaran dasar. - Misalnya, ketik
ARRAYPOLAR
, pilih profil gigi, tentukan pusat array (pusat lingkaran dasar), dan jumlah gigi yang diinginkan.
- Gunakan perintah
2. Mengubah Profil 2D Menjadi Objek 3D
Menggunakan Perintah Extrude:
- Gunakan perintah
EXTRUDE
untuk mengubah profil gear 2D menjadi objek 3D. - Misalnya, ketik
EXTRUDE
, pilih profil gear, dan tentukan tinggi ekstrusi.
- Gunakan perintah
Menambahkan Ketebalan:
- Gunakan perintah
PRESSPULL
atauTHICKEN
untuk menambah ketebalan pada gear 3D. - Misalnya, ketik
PRESSPULL
, pilih wajah gear, dan tentukan ketebalan yang diinginkan.
- Gunakan perintah
3. Menambahkan Detail pada Gear 3D
Membuat Hub Gear:
- Gunakan perintah
CYLINDER
untuk membuat hub gear di tengah gear 3D. - Misalnya, ketik
CYLINDER
, tentukan pusat dan radius hub, lalu tinggi hub.
- Gunakan perintah
Menambahkan Lubang pada Hub:
- Gunakan perintah
SUBTRACT
untuk mengurangi material dari hub, menciptakan lubang yang diinginkan. - Misalnya, buat silinder kecil di tengah hub, lalu ketik
SUBTRACT
, pilih hub, dan pilih silinder kecil untuk dikurangi.
- Gunakan perintah
4. Memeriksa dan Menyelesaikan Gear 3D
Menggunakan Viewport 3D:
- Gunakan perintah
VIEW
untuk mengubah tampilan menjadi tampilan 3D dan memeriksa gear dari berbagai sudut. - Misalnya, ketik
VIEW
, pilihSW Isometric
atau tampilan 3D lainnya.
- Gunakan perintah
Memberi Material dan Rendering:
- Gunakan perintah
MATERIAL
untuk menerapkan material pada gear 3D, dan perintahRENDER
untuk membuat gambar realistik dari gear. - Misalnya, ketik
MATERIAL
, pilih material, dan terapkan pada gear, lalu ketikRENDER
untuk merender gambar.
- Gunakan perintah
Contoh Perintah
plaintext1. CIRCLE 2. POLYGON 3. ARRAYPOLAR 4. EXTRUDE 5. PRESSPULL 6. CYLINDER 7. SUBTRACT 8. VIEW 9. MATERIAL 10. RENDER
Tips Tambahan
- Menggunakan Perangkat Tambahan: Pertimbangkan untuk menggunakan perangkat tambahan seperti Autodesk Inventor atau Fusion 360 untuk desain gear yang lebih kompleks dan analisis kekuatan.
- Memanfaatkan Template: Gunakan template atau file standar yang sudah ada untuk mempercepat proses pembuatan gear.
- Referensi Perpustakaan Gear: Autodesk memiliki perpustakaan gear yang dapat digunakan sebagai referensi atau titik awal untuk desain gear.
Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menggambar gear 3D di AutoCAD 2024 dengan lebih mudah dan efisien.
dari
https://intitute.blogspot.com/2014/01/tempat-kursus-karawang-cara-mudah.html
- Langkah 1
Gambar lingkaran-1 menggunakan perintah CIRCLE (draw > circle > center,diameter) dengan diameter 13. lalu buat lagi lingkaran-2 dengan diameter 5, lingkaran-3 dengan diameter 1.5, dan lingkaran-4 dengan diameter 0.8. kemudian susun lingkaran yang telah dibuat sesuai dengan gambar A.2.
Gambar A.1 Tool Circle
Gambar A.2 Susunan Circle
- Langkah 2
Setelah semua circle disusun sesuai dengan gambar A.2, kita gunakan perintah ARRAY (modify > array) untuk memperbanyak lingkaran. Seperti pada gambar B.1
Gambar B.1 Tools Perintah Array
Pada perintah array kita memilih polar array, lalu masukkan nilai center point yang diinginkan (gunakan tanda label tanda panah untuk memilih center point. Lalu pilih objek yang akan di perbanyak, lalu masukkan jumlah yang akan diperbanyak di kolom total number of item. Di gambar ini kita memperbanyak linkaran-3 dengan total 23 kali (masukkan nilai 23 pada kolom total number of item > enter). Sedangkan untuk lingkaran-4 dan lingkaran kombinasi dengan total 4 kali. Samakan gambar yang dibuat sesuai gambar B.1.
- Langkah 3
Gambar yang dibuat sudah hampir jadi untuk gambar 2D. tinggal satu langkah lagi untuk untuk menyelesaikannya. Gunakan perintah TRIM (modify > trim) untuk menghilangkan garis lingkaran-1 dan lingkaran-3 yang saling berhubungan. Gambar C.1 memperlihatkan garis yang sudah diputus dan belum.
Gambar C.1 Tools Perintah Trims
- Langkah 4
Sekarang kita sudah siap untuk mengubah gambar 2D menjadi 3D. tetapi sebelumnya garis yang tadi di trim harus digabungkan menjadi satu kesatuan, agar dapat dijadikan solid. Gunakan perintah PEDIT (modify > object > polyline) untuk menggabungkannya.
Gambar D.1 Tools PEDIT
Gambar D.2 Langkah-langkah PEDIT
- Langkah 5
Keluarkan tools view dilayar gambar untuk mempermudah pengerjaan gambar 3D.
Gambar E.1 Toolbar view
Setelah toolbar view muncul di layer pindah posisi layer menjadi SE Isometric View. Jika sudah kita siap untuk memberi ketebalan pada gear. Gunakan perintah EXTRUDE (modify > solids editing > extrude faces). Setelah memilih perintah extrude sorot semua gambar 2D dan beri ketebalan 0.5. Sekarang gear sudah berbentuk dan mempunyai ketebalan hanya saja masih tumpang tindih dan belum berlubang. Dengan menggunakan perintah SUBTRACT (modify > solids editing > subtract) kita lubangi gear. Pilih perintah subtract, lalu sorot gambar yang akan dilubangi (lingkaran-1/lingkaran luar) > enter > sorot gambar yang akan melubangi (semua gambar/lingkaran yang berada di dalam) > enter. Gambar 3D sudah jadi dan anda dapat melihat dari beberapa posisi melalui toolbar view.
Gambar E.2 Tool Extrude Faces
Gambar E.3 Tool Subtract
Gambar E.4 Gear 3D
Dengan beberapa langkah anda dapat membuat tampilan gambar seperti gambar E.4.